Plant Tips

Pengembangbiakan Tanaman Anthurium

130

Tanaman anthurium sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita,tanaman ini mempunyai berbagai ragam jenis yang bermacam-macam.Anthurium memiliki daun yang begitu indah dengan bentuk yang sangat unik.Walaupun sebenarnya ada pula anthurium yang mempunyai bunga yang menarik,akan tetapi kebanyakan orang menanam anthurium karena terpesona dengan keindahan daunnya.

Tak hanya menarik dan cantik, anthurium memiliki nilai jual yang tinggi. Berkisar antara ratusan ribu hingga ratusan juta rupiah.Saat ini peminat tanaman anthurium semakin banyak, tetapi berlawanan terbalik dengan pembudidayaannya yang tak sebanyak dengan dibutuhkan pasar. Padahal, cara budidaya tanaman Anthurium ini tak begitu menyulitkan.

Cara budidaya tanaman Anthurium ini semakin mudah jika ditanam di Indonesia. Habitat asli tanaman Anthurium berada di Amazon yang beriklim tropis dan iklim ini mirip dengan Indonesia. Hal ini membuat pertumbuhan tanaman Anthurium semakin maksimal. Terutama daun, batang, dan bunga tanaman Anthuriumnya.

Tanaman anthurium memiliki bunga yang akan berkembang dan berbuah menjadi buah yang berbentuk kecil dan memiliki biji di dalamnya.Tanaman anthurium akan memasuki phase ini setelah terbilang cukup dewasa dan biasanya akan berbeda-beda untuk kurun waktunya tergantung dari jenis tanaman itu sendiri.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengembangbiakan tanaman anthurium menggunakan biji tanaman

1.Hal pertama yang harus dilakukan adalah petik buah anthurium yang sudah matang biasanya akan berwarna cerah, kemudian  Buah anthurium yang telah dipetik tadi dari tongkol/spadiks diambil dan dibersihkan daging buahnya secara manual dengan jari sampai terasa kesat dan tidak licin.Jika tidak,daging buah ini bisa jadi media yang cocok untuk jamur/bakteri yang akan mengakibatkan biji anthurium gagal berkecambah.

1
3

2.Kedua rendamlah biji anthuium tadi selama 30 menit dalam larutan (Vit. B1 1ml + 1 liter air) atau pemacu tumbuh lainnya misal rooton F dan zat lain pemacu akar.

3. Kemudian siapkan tisu skitar 6 lapis diletakkan di atas wadah plastik,tempatkan biji anthurium yang telah direndam tadi.Semprotkan larutan (atonik 1ml + 1 sendok teh anti jamur + 0.5 sendok teh anti bakteri + 1 liter air) agar biji anthurium bisa berkembang dengan baik.Kemudian tutup menggunakan plastik agar kelembabannya terjaga.

4.Setelah sekitar 7 hari atau setelah akar mulai tumbuh,biji anthurium bisa pindahkan ke media semai tray atau wadah lainnya.Isi media dengan media serbut kelapa halus kemudian tempatkan biji anthurium kedalamnya dan Kembali ditutup dengan plastik.

11

5.Langkah selanjutnya kita menunggu daun pertama tumbuh,saat prosesnya jangan lupa untuk memperhatikan kelembaban dan siram dengan cara disemprot jika media terasa kering.

6.Jika daun telah tumbuh,maka kita bisa memindahkannya kedalam pot dan mulai memberikannya pupuk juga sinar matahari yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh

Itulah di cara mudah untuk mengembangbiakan tanaman Anthurium dengan menggunakan biji,cara ini sangat cocok untuk kamu yang sedang berencana untuk membudidayakan tanaman anthurium.

Back to list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *