Plant Tips

Lebih Dekat Dengan Tanaman Epiprenum Pinatum

3

Beberapa orang mungkin akan merasa asing dengan jenis tanaman Epiprenum,bahkan beberapa diantara kita mungkin mengira tanaman epiprenum adalah tanaman monstera. Beberapa jenis tanaman hias sepintas memang terlihat mirip. Tak jarang hal ini membuat bingung para pemburu tanaman hias pemula.Salah satunya adalah tanaman Epiprenum dan Monstera, sama-sama tumbuh di iklim tropis, berdaun besar, dan berwarna hijau tua. Selain itu keduanya sama-sama memiliki daun yang terbelah atau terpisah.

Epiprenum sendiri berasal dari hutan hujan tropis yang tersebar dari cina,Himalaya,hingga asia tenggara termasuk Indonesia, Tanaman ini merupakan anggota famili Araceae yaitu mampu merambat atau memanjat sampai ketinggian 30 meter. Daunnya memiliki transformasi dari dari berlubang sampai terbelah ketika sudah dewasa.

Pada habitat aslinya tanaman ini merambat di pepohonan, maka ukurannya bisa sangat besar dan pertumbuhannya bisa sangat cepat. Namun kamu tetap bisa menanam nya di kebunmu atau di dalam rumah sebagai dekorasi ruangan.Bahkan tanaman ini dapat membuat suasana rumah terasa lebih sejuk dan terlihat lebih indah.

Berikut beberapa jenis tanaman Epiprenum Pinatum yang banyak digemari oleh para kolektor tanaman,diantaranya

1. Epipremnum Pinnatum Cebu Blue

62020fcd33505c04f36d24d31478da7b

Tanaman ini memiliki keunikan tersendiri di kelas pecinta tanaman, karena keunikannya yang meiliki daun berlubang. Ciri tanaman ini memiliki warna daun hijau kebiruan, jika kamu meletakkannya di tempat yang lebih gelap maka warna kebiruan daun akan terlihat lebih jelas.Ketika telah cukup dewasa daun dari tanaman ini akan terbelah sempurna,sementara Ketika masih kecil daunnya masih berlubang.

2.Epipremnum Pinnatum Green Form

6ba6d6fe58cbf6f578b86ccbcdf7f6fa

Di Indonesia sendiri tanaman ini akrab disebut dengan ekor naga, bentuk tanaman ini mirip dengan cebu blue namun perbedaannya terdapat pada warna daun yang hijau.Pada habitat aslinya,di hutan tanaman ini merambat pada pepohonan dengan daunnya mampu tumbuh sangat besar.

3.Epipremnum Pinnatum Skeleton Key

data

Daun muda dari tanaman terlihat dangat mirip dengan Cebu Blue Green Form dan akan sedikit sulit dibedakan. Namun ketika dewasa bentuk daunnya mengalami perubahan dam terlihat sangat unik, bagian ujung daun mengecil dan menyempit menyerupai bentuk ujung kunci.

4.Epipremnum Pinnatum Aurea

Jenis tanaman ini mirip dengan Sirih Gading Ketika daunnya masih tergolong muda, namun Epipremnum Aurea daunnya terlihat lebih sempit dan lebih panjang.Sama seperti jenis Epiprenum Pinnatum lainnya,bentuk daun dari jenis tanaman ini akan terbelah Ketika dewasa.Salah satu ciri dari tanaman ini yaitu warna daunnya hijau dan memiliki varigasi warna kuning.Letakan tanaman ini pada tempat yang mendapatkan sinar matahari terang tetapi tidak langsung, agar warna varigasi daunnya semakin cantik.

5.Epipremnum Pinnatum Varigata

1

Selanjutnya adalah Epipremnum versi varigata berwarna putih atau sering disebut Pinnatum Varigata,bentuk dari daunnya sama seperti Epipremnum Pinnatum Aurea namun dengan warna putih dan hijau diseluruh daunnya. Tanaman hias daun ini cukup menarik dibanding dengan Pinnatum lainnya, baik ketika bentuk daun masih remaja maupun sudah dewasa.

Itulah beberapa informasi dan jenis-jenis dari tanaman Epipremnum Pinnatum,tanaman ini memiliki daya Tarik dan keindahan yang sangat menarik.Selain itu beberapa jenis dari tanaman ini sedang populer dikalangan para kolektor dengan harga jual yang menarik.Perwatan dari tanaman ini juga terbilang mudah dan dapat dilakukan dalam waktu senggang.

Back to list

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *